
NEWSNESIA.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo melalui Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) meraih 2 penghargaan sekaligus dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Regional XI.
Torehan prestasi itu setelah sukses menerapkan Aplikasi Digital Layanan Kepegawaian yang berbuah penghargaan untuk kategori implementasi manajemen ASN dan perencanaan kebutuhan serta mutasi kepegawaian.
Penghargaan ini diterima langsung Kepala BKPP, Ben Idrus mewakili Pemkot Gorontalo dari BKN Regional XI diserahkan serangkaian Rapat Koordinasi Strategi Percepatan Transformasi Digital Layanan Kepegawaian di Marlynn Park Hotel Jakarta, Jumat (26/05/2023).
Kepala BKPP Kota Gorontalo, Ben Idrus menjelaskan, dua kategori penghargaan Pemkot dimaksud mendapatkan nilai tertinggi Regional XI untuk semua daerah Kabupaten/Kota binaan BKN Regional XI.
“Ada beberapa indikator jadi standar penilaian BKN Regional XI. Mulai dari perencanaan kebutuhan, mutasi, hingga pensiun, dan juga dilihat data usulan yang tepat waktu,” urai Ben Idrus.
Menurut Ben semua pelayanan kepegawaian di Kota Gorontalo sekarang sudah berbasis digitalisasi. Ini juga berlaku pada kategori implementasi manajemen ASN.
“Selain mempermudah layanan kepegawaian, sistem aplikasi dibuat untuk menghindari adanya kontak langsung dalam pengurusan surat menyurat, termasuk menghindari gratifikasi dari pegawai itu sendiri,” jelasnya.
Lebih lanjut, Ben Idrus menjelaskan, standar penilaian Implementasi Manajemen Aparatur Sipil Negara(ASN), oleh BKN berdasarkan hasil penilaian norma standar, prosedur dan kriteria (NSPK) yang dilaksanakan tahun 2023 ini. Di mana, hasil indeks tertinggi adalah Pemerintah Kota Gorontalo.
“Prestasi ini merupakan upaya serius Pemkot menyahuti arah transformasi digital. BKPP Kota Gorontalo sendiri sedikitnya memiliki 13 aplikasi pelayanan kepegawaian yang sudah di wadahi dalam satu aplikasi SIMPEL ASN dan telah di launching pada bulan Desember 2022 yang sudah terintegrasi dengan aplikasi BKN,” tuturnya.
Ben mengaku, meraih 2 penghargaan sekaligus itu bukan hal mudah. Pihak BKPP sendiri haru melalui proses penilaian begitu panjang dan selektif.
“Berkat prestasi ini, tak lupa saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh aparatur pemerintah atas komitmennya memberikan pelayanan prima dengan terus meningkatkan layanan kepada masyarakat di Kota Gorontalo,” pungkasnya.(nn)