Yuk, Daftar Kuliah di UT

Yuk, Daftar Kuliah di UT

25 Juni 2020 0 By Idham

Ilustrasi Kuliah Online

 

NewsNesia.id -(NN) – Bicara tentang kuliah online, Universitas Terbuka (UT) merupakan salah satu universitas negeri di Indonesia dengan sistem pembelajaran terbuka dan jarak jauh yang menerapkan pembelajaran online sejak 2007.

Dalam sistem pembelajaran di UT, kuliah online dikenal dengan istilah tutorial online (Tuton) dan tutorial webinar sebagai bentuk layanan bantuan belajar selain berbagai media belajar lainnya, seperti: bahan ajar digital dan cetak, UT Radio, UT TV, Dry Lab dan tutorial tatap muka.

Dalam situasi pandemi COVID-19 saat ini, kuliah online menjadi opsi utama oleh berbagai perguruan tinggi agar proses pembelajaran tetap berlangsung. Namun, minimnya pengalaman dan kesiapan berbagai faktor pendukung menjadi hambatan utama untuk berhasil keberhasilan dalam menerapkan sistem pembelajaran online.

Dalam kuliah online, interaksi dengan tutor dilakukan lewat koneksi internet yang dapat dipergunakan oleh mahasiswa untuk bertanya dan berdiskusi dengan para tutor/dosen. Selain itu, pemberian tugas serta ujian juga dilakukan melalui internet.

Saat ini, Universitas Terbuka juga telah mengembangkan online proctoring yang memungkinkan mahasiswa dapat mengikuti ujian melaluilaptop yang tersambung dengan jaringan internet dari mana saja.

Bisa sukses dengan kuliah online?

Para alumni Universitas Terbuka yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia bahkan mancanegara telah membuktikan bahwa sistem pembelajaran jarak jauh dan online dapat membuat mereka sukses untuk menyelesaikan kuliah tepat waktu dan mendukung peningkatan karir di bidang masing-masing dengan catatan harus aktif sebagai pembelajar mandiri.

Pembelajar mandiri adalah individu yang selalu termotivasi untuk belajar dari berbagai bahan ajar (digital dan cetak) yang telah disediakan oleh Universitas Terbuka.

Disamping itu, banyak manfaat lainnya yang didapat jika melakukan kuliah online di UT diantaranya:

1 Hemat biaya: mahasiswa lebih bisa berhemat karena tidak perlu setiap hari mengeluarkan biaya transport untuk datang ke kampus dan biaya akomodasi.

2 Waktu belajar fleksibel: mahasiswa dapat belajar kapan dan dimana saja. Pembelajaran online dan jarak jauh dapat dilakukan sesuai dengan waktu yang dimiliki oleh mahasiswa.

3 Bisa kuliah sambil bekerja: kuliah online tidak mengharuskan mahasiswa datang ke kampus. Kuliah online di UT menjadi pilihan banyak orang-orang yang sudah bekerja untuk meningkatkan jenjang studinya di level Diploma dan SarjanaS1, Magister (S2) dan Doktor (S3).

4 Menambah jejaring profesional: mahasiswa bisa berbagi pengalaman dan menambah wawasan dengan mahasiswa lainnya yang sudah bekerja.

Tidak sulitkan…!!! Ayo buruan sekarang daftar kuliah online di UT Gorontalo. Batas waktu Pendaftaran sampai dengan tanggal 15 Juli 2020. (zk-HL/NN)