Pernah Kontak dengan Dokter Positif Corona, 93 Warga Tolitoli Jalani Rapid Test

Pernah Kontak dengan Dokter Positif Corona, 93 Warga Tolitoli Jalani Rapid Test

22 Mei 2020 0 By Idham


Rapid test secara massal dilakukan di Puskesmas Managaisaki Tolitoli terhadap warga yang pernah kontak dengan dokter yang positif covid-19. (foto:istimewa)

 

NewsNesia.id -(NN)– Sebanyak 93 warga Tolitoli mengikuti rapid test di Puskesmas Managaisaki. Mereka diketahui pernah melakukan kontak langsung dengan dokter yang sebelumnya, dinyatakan positif Covid-19.

Dikutip dari Hulondalo.id (media grup newsnesia.id), Jum’at (15/5/2020), Kepala Puskesmas Managaisaki H. Ukkas A. Akil mengatakan, 93 warga yang mengikuti rapid test ini, merupakan pasien dari dokter tersebut. Hasilnya kata dia, 6 warga dinyatakan reaktif. 4 warga merupakan pasien dokter, dan 2 warga merupakan keluarga dari dokter tersebut.

“Warga yang rapid testnya reaktif dilakukan karantina mandiri di rumah masing-masing,” kata Ukkas.

Pelaksanaan rapid test kepada 93 warga ini, setelah sebelumnya IDI Cabang Tolitoli mengumumkan adanya dokter yang terpapar virus ini. Tracking dilakukan antara lain, berdasarkan data yang diperoleh pada buku kunjungan di tempat praktek dokter.

Pada pelaksanaan rapid test kata Ukkas, tetap mengacu pada protokol kesehatan seperti, antrian dengan mengutamakan physical distancing, wajib memakai masker dan seluruh tenaga medis menggunakan APD.

“Yang ikut rapid test beragam usianya, dari balita, anak-anak hingga orang dewasa,” ungkap Ukkas.

Tracking kata dia, masih tetap dilakukan oleh tim kesehatan puskesmas, khususnya kepada warga yang pernah kontak dengan dokter tersebut. Termasuk koordinasi dengan asisten dokter untuk mendapatkan informasi lebih akurat.

Data yang dirilis Dinas Kesehatan Provinsi Sulteng, Jumat (21/5/2020), jumlah kasus positif di Tolitoli sebanyak 7 11 orang.(Andis-NN)

Sumber: Hulondalo.id