SIM Gratis untuk Warga Kelahiran 1 Juli

SIM Gratis untuk Warga Kelahiran 1 Juli

18 Juni 2020 0 By Idham

Ilustrasi- istimewa

 

NewsNesia.id -(TOLITOLI)- Kabar gembira buat masyarakat yang memiliki tanggal kelahiran 1 Juli. Dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-74 tahun 2020, Sat Lantas Polres Tolitoli Polda Sulteng memberikan kesempatan khusus bagi masyarakat Kabupaten Tolitoli yang lahir pada 1 Juli yakni pemberian Surat Izin Mengemudi (SIM) secara gratis.

Program ini akan berlangsung pada 1 Juli 2020 bertempat di Satpas SIM Satlantas Polres Tolitoli bertepatan dengan Peringatan Hari Bhayangkara ke-74.

Kasat Lantas Polres Tolitoli AKP I Dewa Made Arda SH SIK mengatakan, program tersebut yaitu akan di sponsori dengan tidak dikenakan biaya penerimaan negara bukan pajak ( PNBP).

“Masyarakat Kabupaten Tolitoli yang lahir pada 1 Juli bertepatan dengan Hari Bhayangkara akan mendapatkan kesempatan khusus mengururus SIM baru maupun perpanjangan,” kata Kasat Lantas.

“Yang disponsori itu adalah PNBP-nya, tapi kalau untuk biaya untuk tes kesehatannya seperti KIR dan tes psikologinya tetap dikenakan,” tambahnya.

Kasat Lantas Polres Tolitoli menjelaskan, adapun syarat dan ketentuannya yaitu setiap masyarakat yang akan melakukan pengurusan SIM Baru dan Perpanjangan wajib memiliki E-KTP, keterangan Dokter dan keterangan Psikologi.

Berikutnya, untuk pemohon SIM Baru wajib mengikuti dan lulus ujian teori dan praktek di Satpas SIM Sat Lantas Polres Tolitoli. Untuk pemohon perpanjangan SIM wajib membawa SIM Lama yang masih berlaku.

Selanjutnya, wajib mengikuti pendaftaran pada tanggal 10 sampai dengan 20 Juni 2020 di Satpas SIM Sat Lantas Polres Tolitoli serta yang utamanya wajib mengikuti protokol kesehatan covid-19 saat berada di Satpas SIM Sat Lantas Polres Tolitoli dengan memakai masker, mencuci tangan serta menjaga jarak aman.

Kasat Lantas Polres Tolitoli menuturkan, program pembuatan SIM tersebut sebagai wujud syukur Polri pada Hari Bhayangkara ke-74. Selain itu, juga untuk rasa terima kasih kepada masyarakat di seluruh Indonesia khususnya di Kabupaten Tolitoli.(dis-NN)